GE merupakan salah satu dari 3 pemain utama di pasar Gas Turbin selain Siemens dan Mitsubishi-Hitachi Power System (MHPS)

Dalam sebuah wawancara dengan Powermag, Dr. Jeffrey Goldmeer, Direktur Gas Turbine Combustion & Fuels Solutions GE Power menyampaikan pandangannya akan masa depan Industri Gas Turbin.

Menurutnya, Industri Gas Turbin dapat menjadi bagian dari masa depan carbon-free yang lebih bersih, berkebalikan dengan industri PLTU berbahan bakar batubara yang sangat kaya emisi karbon.

Pandangan Dr. Jeffrey didukung desain gas turbin yang fuel-flexible, memungkinkan campuran hidrogen-gas alam sebagai bahan bakar. Ke depannya, kapabilitas gas turbin akan terus ditingkatkan agar mampu beroperasi pada bahan bakar 100% hidrogen. 

Namun, Dr. Jeffrey juga tidak memungkiri bahwa ada tantangan yang harus dihadapi dalam mengadopsi hidrogen sebagai bahan bakar pada gas turbin. Pertama, molekul hidrogen berukuran lebih kecil dari gas alam (metana) sehingga risiko terjadinya kebocoran jadi lebih tinggi. Kedua, heating value hidrogen bernilai lebih kecil dibanding gas alam, sehingga, untuk menghasilkan energi pembakaran yang sama, diperlukan laju aliran hidrogen 3 kali lebih banyak ketimbang gas alam.

Referensi:
Power Interview with GE. https://www.powermag.com/the-power-interview-ge-unleashing-a-hydrogen-gas-power-future/

Post a Comment