Tak pernah kubayangkan sebelumnya akan menjadi seorang nasabah yang begitu penuntut, bahwa seluruh transaksi perbankan seharusnya dapat dilakukan dan dipantau via aplikasi mobile banking.

Untungnya aku mengenal Jenius.

Hampir satu setengah tahun aku menggunakan Jenius. Saat itu, setelah menyelesaikan proses registrasi via hape, Jenius team datang menemui untuk melakukan verifikasi data. Akun Jenius langsung aktif keesokan harinya, disusul kedatangan paket dari Jenius yang berisi kartu debit utama (m-Card).

Jenius memberi kendali dan keleluasaan dalam melakukan pemantauan terhadap seluruh transaksi finansial.

Melalui ulasan ini, akan kubahas fitur dan benefit yang ditawarkan Jenius, berkaitan dengan aktivitas perbankan yang kulakukan sehari-hari.

Bebas Biaya Admin Bulanan, Biaya Transfer dan Tarik Tunai di ATM

Pengguna dengan saldo rata-rata di atas 10 juta berhak menyandang level Jenius dan mendapat kuota Interbank transfer dan Tarik tunai sebanyak 25 kali dalam satu bulan. Khusus untuk tarik tunai via ATM Visa di luar negeri, dikenakan biaya sebesar 25 ribu.


Tak hanya itu, Jenius juga menggratiskan biaya administrasi bulanan, serta biaya pembukaan dan penutupan rekening. Seluruh biaya-biaya ini dapat dilihat pada menu "Rates and Limits" di website Jenius.

Flexi Saver

Merupakan bagian dari fitur Saving. Fitur ini memberi keleluasaan bagi pengguna dalam melakukan penempatan dana sesuai kebutuhan. Saving memiliki tiga sub-fitur yaitu Flexi saver, Dream Saver, dan Maxi Saver. Flexi Saver memungkinkan penempatan dana terpisah dari rekening utama, namun dana dapat dicairkan kapan saja. Aku menempatkan dana siaga di Flexi Saver untuk mendapat bunga bulanan. Imbal hasil Flexi Saver adalah 4% net per tahun (setelah dipotong PPh sebesar 20% terhadap bunga yang diterima).


Kartu Debit Visa Contactless

Kartu debit Jenius dapat digunakan di seluruh mesin EDC dan ATM yang didukung jaringan VISA. Kartu debit ini seringkali kugunakan saat bertransaksi di merchant. Puncaknya adalah ketika aku harus berkunjung ke Polandia dan Republik Ceko dalam rangka perjalanan dinas. Hampir seluruh transaksi pembayaran selama disana kulakukan dengan m-Card. Teknologi contactless (sebelumnya bernama paywave) memungkinkan pembayaran hanya dengan menyentuhkan kartu pada mesin EDC. Aplikasi Jenius akan menampilkan notifikasi atas pembayaran, disertai dengan kurs harian yang berlaku saat itu. Konfirmasi PIN tidak diperlukan apabila pembayaran dilakukan secara contactless.




Rekening Valas 

Inovasi ini memungkinkan pengguna memiliki rekening utama dalam beberapa mata uang selain Rupiah. Hanya saja, kartu debit utama (m-Card) hanya dapat dihubungkan ke salah satu rekening dalam mata uang tertentu. Ke depannya, pilihan mata uang asing ini akan semakin beragam seiring rencana Jenius untuk menambahkan mata uang lain ke dalam ekosistemnya, khususnya mata uang negara-negara tujuan traveling.



Gratis top-up e-Wallet

Jenius mendukung top-up saldo empat e-Wallet populer yaitu LinkAja, Gopay, OVO dan Dana tanpa biaya admin. Fitur ini merupakan hasil co-kreasi dimana Jenius melibatkan penggunanya untuk berbagi ide pengembangan aplikasi hingga melahirkan fitur yang satu ini.


Kartu Virtual e-Card

Faktanya, pengguna Jenius tidak hanya mendapat satu kartu debit (m-Card sebagai kartu utama) melainkan lima kartu lainnya (satu kartu virtual bernama e-Card dan empat kartu debit bernama x-Card yang baru akan dikirim apabila pengguna meminta tambahan kartu via aplikasi).

Saldo e-Card terpisah dari rekening utama, sehingga  pengguna harus memastikan ketersediaan saldo e-Card sebelum melakukan transaksi.




Selama ini, aku telah menggunakan e-Card untuk berlangganan Netflix, mencoba Spotify premium tiga bulan seharga Rp. 4.990, membeli buku di Google Playbook, hingga membeli pulsa di Traveloka. Semua transaksi berjalan lancar tanpa kendala. Fitur keamanan 3D secure dari Visa mengharuskan pengguna memasukkan kode OTP untuk keperluan otentifikasi tiap kali melakukan transaksi. Persis sama seperti penggunaan kartu kredit, hanya saja, e-Card adalah kartu debit virtual.

Riwayat transaksi

Riwayat per transaksi tersedia pada menu in & out di aplikasi Jenius. Selain itu, pengguna juga dapat mengunduh riwayat transaksi bulanan melalui aplikasi. Jenius bahkan menyediakan rincian pendapatan bunga dan pemotongan pajak atas pendapatan bunga untuk keperluan laporan SPT tahunan.



Post a Comment